Monday 2 January 2012

KEPEMIMPINAN

Pengertian Atau Definisi Kepemimpinan
Kepemimpinan adalah proses mempengaruhi orang lain dan mendorong mereka untuk bekerja dengan penuh semangat dalam tujuan bersama. Ada klasifikasi yang berbeda dari pemimpin: misalnya, untuk formalitas pilihan, kita sering berbicara tentang pemimpin formal (dipilih oleh sebuah organisasi) atau pemimpin informal (muncul dari grup). 


Pokoknya, klasifikasi yang paling banyak digunakan adalah yang menyangkut hubungan antara pemimpin dan para pengikutnya. Dalam hal ini, ada kepemimpinan otoriter, demokratis dan liberal (laissez faire).


Pemimpin otoriter adalah orang yang membuat keputusan sendiri dan tidak dibenarkan setiap saat. 


Pemimpin demokratis, bagaimanapun, kemudian memutuskan untuk mendorong diskusi dalam kelompok dan mempertimbangkan pandangan pengikutnya. Standar dan kriteria yang eksplisit dan jelas.


Sebagai pemimpin Liberal, biasanya mengambil peran pasif dan meninggalkan kekuasaan dalam kelompok. Jangan menilai atau mengevaluasi kontribusi orang lain dan anggota menikmati kebebasan penuh aksi.


Klasifikasi lain kepemimpinan ditentukan oleh pengaruh memimpin bawahannya. Kepemimpinan transaksional merupakan salah satu yang terjadi ketika anggota kelompok diakui pemimpin karena menyediakan kewenangan dan sumber daya dianggap sebagai sah untuk grup tersebut. Sebaliknya, atau karismatik kepemimpinan transformasional melibatkan kemampuan untuk mengubah skala nilai-nilai, sikap dan kepercayaan pengikut.


Selain uraian singkat di atas , masih banyak definisi atau pengertian kepemimpinan yang lain. Misalnya kepemimpinan yang muncul karena budaya, dan sebagainya. semoga bermanfaat






Kemampuan yang harus dimiliki seorang pemimpin sebagai berikut :
-       Memiliki kharismatik.
-       Memiliki pandangan ke depan.
-       Memiliki daya persuasif.
-       Memiliki intensitas.
-       Memiliki analisis
-       Memiliki kemampuan yang fleksibel.
-       Memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik.
-       Memiliki kemampuan sebagai motivator.


Macam – macam gaya kepemimpinan.
1.    Kepemimpinan otoriter.
Adalah gaya pemimpin yang memusatkan segala keputusan dan kebijakan yang diambil dari dirinya sendiri secara penuh. Segala pembagian tugas dan tanggung jawab dipegang oleh si pemimpin yang otoriter tersebut, sedangkan para bawahan hanya melaksanakan tugas yang telah diberikan.
2.    Kepemimpinan demokratis.
Gaya kepemimpinan demokratis adalah gaya pemimpin yang memberikan wewenang secara luas kepada para bawahan. Setiap ada permasalahan selalu mengikutsertakan bawahan sebagai suatu tim yang utuh. Dalam gaya kepemimpinan demokratis pemimpin memberikan banyak informasi tentang tugas serta tanggung jawab para bawahannya.
3.    Kepemimpinan kendali bebas.
Pemimpin jenis ini hanya terlibat dalam kuantitas yang kecil di mana para bawahannya yang secara aktif menentukan tujuan dan penyelesaian masalah yang dihadapi. Kepemimpinan ini cendrung bersifat pasif.




Jika saya menjadi pemimpin saya lebih baik mengambil gaya kepemimpinan Demokratis. Karena dengan gaya kepemimpinan seperti itu bisa lebih bijaksana, bermoral tinggi dan dapat bekerja sama dengan dengan bawahan. Dan dapat mengutamakan mutu kerja. Dengan gaya kepemimpinan demokrtais seorang pemimpin tidak dapat menggunakan jabatan dengan semena-mena dan bebas.












Sumber: http://id.shvoong.com/social-sciences/communication-media-studies/2168321-definisi-kepemimpinan/#ixzz1iThmT8jH

No comments:

Post a Comment