Wednesday 24 October 2012

Mengapa harus Outsourcing?

apa itu Outsourcing? Bagaimana system kerjanya? Apa keuntungan dan kerugiannya?

Outsourcing adalah salah satu usaha meningkatkan efesiensi perusahaan. Banyak perusahaan saat ini hanya melakukan outsourcing untuk mengurangi jumlah pegawai tetap. Dengan tindakan ini pada dasarnya perusahaan hanya meng-outsource resiko sosial dari sistem ketenagakerjaan di Indonesia . Dengan outsource perusahaan tidak ingin dibebani kewajiban – kewajiban yang mengiringi penerapan UU Ketenaga kerjaan. Jelas hal seperti ini tidak akan meningkatkan daya saing. Bahkan sering terjadi karyawan outsource yang ingin berprestasi menjadi padam motivasi kerjanya karena sistem outsourcing, sehingga jarang didapatkan pegawai outsource jenis ini memiliki kinerja yang baik.
Karyawan outsourcing adalah karyawan kontrak yang dipasok dari sebuah perusahaan outsourcing yang menyediakan jenis pekerjaan yang tidak berhubungan langsung dengan bisnis inti perusahaan (core bisnis) dan tidak memperdulikan jenjang karir. Seperti operator telepon, call center, petugas satpam dan clening service . namun saat ini, pengguna outsourcing semakin meluas ke berbagai lini kegiatan perusahaan.

Keuntungannya dari outsourcing :
  1. Focus pada kompetensi utama .
  2. Penghematan biaya dan pengendalian biaya operasional .
  3. Memanfaatkan kompetensi vendor outsourcing
  4. Perusahaaan menjadi lebih tanggap dalam merespon pasar.
  5. Mengurangi resiko
  6. Meningkatkan efesiensi dan perbaikan pada pekerjaan-pekerjaan bersifat non-core.

Kerugian atau kegagalan dari outsourcing :
  1. Kurangnya komitmen,dukungan dan keterlibatan pihak manajemen pelaksana
  2. Kurang pengetahuan mengenai siklus outsourcing secara utuh dan benar
  3. Kurang baik cara mengkomunikasikan rencana outsourcing kepada seluruh karyawan
  4. Terburu-buru dalam mengambil keputusan outsourcing
  5. Outsourcing dimulai tanpa visi yang jelas dan pondasi yang kuat.
Jadi sebenernya system ini ada untuk meningkat kinerja suatu perusahaan dan pekerjanya membuat fungsi bisnis meningkat tapi di Indonesia system ini terlihat seperti menguntungkan hanya sebelah pihak. Parah buruh ini meminta kesejateraan untuk kelangsungan hidup kedepannya.

referensi :
nusapalagroup.com
www.jmt.co.id/outsourcing

1 comment:

  1. Bantu buat Kartu Kredit dengan beragam fasilitas dan diskon, free iuran tahun pertama di manapun anda berada di seluruh pelosok nusantara Kartu Kredit BNI, adalah Kartu Kredit BNI MasterCard dan BNI VISA, baik Kartu Biru, Emas
    maupun Platinum berikut Kartu Tambahannya.
    100% berkas aman cukup fc ktp.slip
    gaji/skp kartu kredit npwp
    khusus karyawan gaji min 3 jt perbulan.owner lampirkan fc ktp siup dan npwp bila memiliki kartu kredit bisa dilampirkan
    proses maks 10 hari kerja.Diskon 15% untuk makanan dan minuman dengan minimum transaksi Rp 150.000,- dan maksimum transaksi Rp 2.000.000,-.
    Diskon 20% untuk menu makanan Hot Kitchen (tidak termasuk Toast/Honey Toast/Beverage) dengan minimum transaksi Rp 150.000.- dan maksimum transaksi Rp 2.000.000,- (sebelum diskon, pajak dan servis).
    Garuda Indonesia Travel Fair 2014, bekerja sama dengan Garuda Indonesia, one stop shopping untuk paket wisata Anda dengan harga spesial menggunakan Kartu Kredit dan Kartu Debit BNI.
    Diskon cicilan 0% selama 3 & 6 bulan atau cicilan bunga ringan 0,8% selama 9 & 12 bulan dengan transaksi minimum Rp 1.000.000,-
    Hemat hingga 50% atau maksimum Rp 1.000.000,- berminat hubungi
    chairul sarto utomo via sms telp
    PIN 52B77BDC TELP 088215334251. 085600125176 alamat kantor RUKO GALAKSI ARTERI SOEKARNO HATTA SEMARANG, LUAR KOTA SEMARANG BERKAS BISA DIKIRIM VIA EMAIL DI rooly88@gmail.com,

    ReplyDelete