Tuesday 9 October 2012

Hubungannya dengan Interaksi Manusia dan Komputer Dari Film Wall e

Kini perkembangan teknologi computer begitu pesat sehingga manusia menjadi lebih cepat menyelesaikan pekerjaannya. Keuntungan dari perkembangan computer adalah kini manusia tidak perlu lagi menunggu lama untuk mengirim kabar , hanya tinggal memanfaatkan teknologi SMS (Short Message Service) atau E-mail, Pabrik-pabrik pun kini lebih mengandalkan tenaga mesin dibandingkan tenaga manusia, dan lain-lain. Maka disini dapat dilihat bahwa kini interaksi manusia dengan computer sangat erat hubungannya. Tidak Cuma keuntungan yang dihasilkan tetapi juga ada kerugiannya yaitu manusia menjadi malas untuk bekerja karena hampir semua pekerjaan manusia telah dikerjakan oleh computer, dan manusia menjadi ketergantungan pada computer. Saya mencoba menganalisa hubungan antar manusia dengan computer yang tergambar pada film Wall-e.

Pada Film Wall-e memperlihatkan hubungan interaksi manusia dengan komputer dan dampak dari pemanfaatan komputer yang berlebihan. Film Wall-e sendiri bercerita tentang sebuah robot pembersih sampah yang bernama Wall-e yang hanya tinggal berdua dengan seekor kecoa di bumi. Pada suatu hari datang robot dari luar angkasa yang bernama Eve. Robot ini datang ke bumi untuk mencari tanda-tanda kehidupan di bumi. Mereka berdua pun bertemu lalu Wall-e menunjukkan tanaman kecil ke Eve. Tiba-tiba Eve menjadi non-aktif. Lalu berapa hari kemudian Eve di jemput pesawat ruang angkasa. Wall-e ikut ke pesawat tersebut. Pesawat tersebut masuk ke pesawat yang lebih besar lagi di ruang angkasa yang bernama Axiom.

Pesawat Axiom adalah pesawat yang dibuat manusia pada ratusan tahun yang lalu. Pesawat ini menjadi bumi kedua bagi manusia karena pada saat itu bumi sudah tidak layak lagi untuk ditempati. Bumi menjadi kotor penuh dengan sampah-sampah. Tidak ada satupun tumbuhan yang hidup. Pada pesawat itu berisi manusia-manusia gendut dan robot-robot. Kegiatan manusia didalam kapal ini sangat bergantung pada teknologi komputer seperti mereka berjalan menggunakan kursi yang otomatis berjalan, jika tidak menggunakan kursi ini mereka tidak dapat berjalan, Interaksi antar manusia menggunakan komputer (seperti video call), layanan kecantikan di kerjakan oleh robot, pembersih lantai menggunakan robot, dan lain-lain.

Mereka dapat kembali ke bumi jika mendapatkan tanda-tanda kehidupan di bumi, maka dari itu kenapa robot Eve diutus ke bumi. Karena robot Eve telah menemukan tanaman sebagai tanda kehidupan di bumi akhirnya mereka pun dapat kembali ke bumi.

Hubungan interaksi manusia dengan komputer pada film ini adalah seperti mereka berjalan menggunakan kursi yang otomatis berjalan dampaknya adalah mereka tidak dapat berjalan, Interaksi pada manusia lain pun menggunakan komputer (seperti video call) dampaknya kurang bersosialisasi, untuk kecantikan pun di kerjakan oleh robot dampaknya manusia menjadi kurang terampil, dan pembersih lantai juga menggunakan robot dampaknya manusia menjadi malas.

No comments:

Post a Comment